Media sosial seperti Facebook dan Twitter selain mempunyai pengaruh negatif juga memiliki pengaruh yang positif bagi penggunanya. Twitter walaupun memiliki jumlah karakter yang terbatas yakni hanya 140 karakter tetapi pengaruhnya memang luar biasa.
Banyak brand, perusahaan, atau individu menggunakan Twitter untuk berbagai kepentingan. Ada yang digunakan untuk membangun relasi, ada yang untuk meningkatkan brand awareness, ada yang digunakan untuk layanan pelanggan, bahkan pada saat kampanye kemarin Twitter digunakan untuk memperkenalkan diri partai atau dirinya.
Sosial media seperti Facebook dan Twitter selain mempunyai pengaruh negatif juga memiliki pengaruh yang positif bagi penggunanya. Twitter walaupun memiliki jumlah karakter yang terbatas yakni hanya 140 karakter tetapi pengaruhnya memang luar biasa.
Banyak brand, perusahaan, atau individu menggunakan twitter untuk berbagai kepentingan. Ada yang digunakan untuk membangun relasi, ada yang untuk meningkatkan brand awareness, ada yang digunakan untuk layangan pelanggan, bahkan pada saat kampanye kemarin twitter digunakan untuk memperkenalkan diri partai atau dirinya.
Tapi bagi mereka yang bergerak di dunia bisnis atau usaha, twitter sebenarnya mempunyai segudang manfaat. Berikut manfaat twitter untuk bisnis :
- Twitter bermanfaat sebagai media untuk meningkatkan brand awareness sehingga konsumen tahu merek kita.
- Twitter menjadi sarana membangun interaksi dengan konsumen, membangun relasi, create customer engagement
- Twitter bisa digunakan untuk mengedukasi market dan mengenalkan produk atau varian baru
- Twitter juga bisa dijadikan sebagai salah satu channel untuk customer service
- Untuk beberapa pelaku UKM, twitter juga bisa dipakai sebagai sales channel untuk menjual produknya
- Twitter juga bisa jadi sarana membangun brand community. Membangun relasi melalui komunitas yang kita bangun
- Twitter bisa digunakan untuk mengkomunikasikan event marketing sehingga create traffic
- Twitter dengan follower yang besar sangat bermanfaat untuk mengkomunikasikan program promosi yang kita lakukan.
- Beberapa brand bahkan menggunakan twitter sebagai salah satu Public Relation Channel
- Bagi rekan-rekan UKM, twitter juga bisa digunakan untuk membangun networking
- Twitter juga bisa digunakan untuk riset sederhana (consumer survey) dengan simple quest (pertanyaan sederhana)
- Kita bisa memperoleh feedback konsumen melalui percakapan, jika ada keluhan untuk improvement
- Twitter yang juga sangat powerful untuk generate traffic/visitor ke website bisnis kita
- Selain itu, twitter jg bisa digunakan untuk corporate information atau untuk mengkomunikasikan program CSR (Corporate Social Responsibility)
- Twitter juga bisa digunakan untuk melakukan evaluasi produk dan untuk melihat reaksi pasar
- Membangun corporate branding juga bisa dilakukan melalui twitter, namun ini perlu waktu dan proses
- Twitter juga bisa bermanfaat untuk personal branding, membangun kredibilitas kita dengan konten yang bermanfaat
- Melalui hashtag di Twitter, kita bisa memanfaatkan twitter untuk create campaign
- Dengan Twitter kita bisa mengadakan online activity misalnya dengan kuis, games untuk create engagement and more followers
- Membangun brand image, juga bisa dilakukan melalui content twitter serta campaign
- Dengan twitter pelaku UKM juga bisa membangun relasi dengan influencer untuk membangun socmed ecosystem
- Create buzz positif dan meningkatkan reach merupakan efek viral twitter. Ini bagus utk branding
- Twitter juga bisa jadi sarana utk berpartisipasi dalam conversation tentang isu terkini, sehingga brand kita bisa makin terekspose
- Twitter bisa menjadi sarana edukasi konsumen untuk product review, serta mengkomunikasikan kelebihan kita dibandingkan dengan pesaing.
No comments:
Post a Comment